Sejarah Singkat Kota Singkawang

Skip to contentMenurut  Wikipedia  awalnya  Singkawangmerupakan desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, Desa Singkawang menjadi loka para pedagang dan penambang emas berdasarkan Monterado. Para penambang dan pedagang yg berasal menurut negeri Tiongkok, sebelum mereka ke Monterado sebelum balikdi Singkawang, sedangkan para penambang emas di Monterado yg telah lamatak jarang beristirahat di Singkawang buat membuka kepenatannya dan Singkawang juga menjadi tempat transit pengangkutan hasil tambang emas (bubuk emas ). Waktu itu, mereka (orang Tionghoa) memanggil Singkawang dengan kata San Keuw Jong (Bahasa Hakka), mereka berasumsi berdasarkan sudut pandang Singkawang yang berbatasan langsung dengan laut Natuna dan jua berisi pengunungan dan sungai, dan airnya yg mengalir berdasarkan pengangkutan melalui sungai. .

Menurut Sumber yg terdapat, asal usul kata Singkawang mempunyai dua (dua) alur cerita yg tidak sinkron. Diantaranya yaitu :Yang Pertama Kata Singkawang di ambil berdasarkan nama flora Tengkawang yg hanya masih ada pada hutan tropis. Dan dalam tahun 1834 Singkawang mulai di kenal orang bangsa eropa menggunakan kata Sinkawan dikarenakan seseorang pakar penulis bernama George Windwor Earl yg menyebut Singkawang menggunakan istilah Sinkawan di buku nya yg berjudul buku The Eastern Seas. Dan ada jua sumber Catatan lainnya didapat berdasarkan galat satu penulis G.F De Bruijn yang terkandung pada De Volken Van Nederlandsch Indie (1920) berjudul De Maleirs yang terjemahannya berbunyi : ” . . . . . . .

beberapa puluh mil di sebelah selatan kerajaan (Sambas) dibangun sebuah kota yang dimaksud sebagai kota pemerintahan (Belanda)Dan yang Kedua berdasarkan cerita rakyat yang tersebar adanya Kisah 7 opsir anggota pasukan Kubilai Khan. Pasukan yg dipimpin sang 3 jenderal itu – I-heh Mishih, Shihpi, dan Kau Hsing – dikirim oleh kaisar untuk menghukum “raja Jawa” yg pernah menghina utusan kaisar. Raja Jawa yg dimaksud adalah Sri Kertanegara, raja Singasari. Akan terapi pasukan Cina itu berhasil diperdayai oleh Sri Wijaya (pendiri kerajaan Majapahit). Sehingga pada lepas 31 Mei 1293 semua pasukan Cina itu tergopoh-gopoh mening-galkan Jawa. Dalam pelayaran balikke daratan Cina itulah, pada keadaan kelelahan, kapal mereka diserang badai. Mereka terpaksa mendarat di pantai barat Kalimantan buat memperbaiki kapal. Pada waktu berlayar kembali, 7 orang opsir temyata tidak terbawa dan. Ketujuh opsir itu lalu hidup menetap pada Singkawang & menikah menggunakan gadis-gadis setempat.

Demikianlah sejarah singkat dari kota Singkawang yang bisa saya bagikan😊😉Post navigation

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar