Liputan Eksklusif Rusia-ukraina: Evakuasi Mariupol Tidak Boleh Algebra

Lebih menurut 1,3 juta orang sudah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia dalam 24 Februari [Lukasz Glowala/Reuters]

Warga sipil Mariupol mencoba lakukan evakuasi

Kota pelabuhan Mariupol di Ukraina, yg dikepung oleh pasukan Rusia, menyampaikan akan memulai pulang upaya buat mengevakuasi penduduk sipilnya setelah upaya sebelumnya digagalkan sang pelanggaran Lebih dari 1,tiga juta orang telah meninggalkan Ukraina semenjak pencaplokan Rusia dalam 24 Februari [Lukasz Glowala/Reuters]encatan senjata.

Zelenskyy berbicara kepada Biden

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengadakan percakapan telepon dengan mitranya dari Alaihi Salam, Joe Biden buat membahas upaya berkelanjutan buat menaruh dukungan keuangan bagi Ukraina dan hukuman terhadap Rusia. Sebelumnya, dia sudah menekan legislator Alaihi Salam buat pendanaan tambahan & larangan impor minyak Rusia. Gedung Putih sejauh ini sudah mengesampingkan larangan tadi karena takut menaikkan harga konsumen.

Pemimpin Ukraina berterima kasih pada Musk

Zelenskyy pula berbicara dengan Kepala Eksekutif SpaceX Elon Musk dan berterima kasih kepadanya lantaran sudah menaruh Ukraina akses ke sistem internet satelit perusahaannya, Starlink. “Saya berterima kasih kepadanya karena mendukung Ukraina dengan istilah-kata dan perbuatan,” istilah Zelenskyy pada sebuah tweet. "Minggu depan kami akan menerima batch lain dari sistem Starlink buat kota-kota yang hancur." Pemimpin Ukraina itu jua bercanda bahwa mereka membahas kemungkinan proyek luar angkasa, yang akan beliau bicarakan "setelah perang".

Penangguhan Visa dan Mastercard

Raksasa pembayaran kartu Visa & Mastercard bergabung menggunakan daftar merek internasional yang terus berkembang yg menolak berbisnis dengan Rusia.

Rusia melanjutkan ofensifnya terhadap kota tenggara Mariupol yg terkepung selesainya gencatan senjata sepakat buat memungkinkan pengungsian masyarakat sipil gagal. Masing-masing pihak saling menyalahkan. Para pejabat pada Mariupol sudah mengumumkan rencana buat pengungsian besar -besaran selama gencatan senjata tetapi lalu berkata mereka wajibmenunda operasi itu karena terus berlanjutnya pengeboman Rusia. Rusia menuduh pasukan Ukraina di Mariupol menghalangi rakyat buat pergi. Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) memperingatkan bahwa situasi humanisme pada kota itu “bala” dan “krusial” buat mendirikan koridor humanisme.

Pasukan Rusia beringsut lebih dekat ke makkota, Kyiv, berdasarkan utara dan barat. Laporan mendeskripsikan adegan kehancuran yang meluas di kota utara Chernihiv, pada mana puluhan wargasipil mangkatpada penembakan, agresi rudal dan agresi udara. Baca tentang kehidupan sehari-hari pada Kyiv saat pasukan Rusia mendekat.

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Ukraina bahwa mereka mungkin kehilangan status kenegaraannya jika para pemimpinnya "terus melakukan apa yg mereka lakukan". Dia jua mengarahkan ancaman ke NATO, menggunakan berkata negara mana pun yang memberlakukan zona embargo terbang di atas Ukraina akan dianggap sebagai kombatan musuh sembari menyamakan sanksi dunia terhadap negaranya dengan deklarasi perang. Zelenskyy sudah memohon buat zona larangan terbang, namun kepala NATO Jens Stoltenberg menolak panggilan itu, dengan mengungkapkan itu dapat mengakibatkan perang yg lebih luas di Eropa.

Lebih berdasarkan 1,lima juta orang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga semenjak pencaplokan Rusia dimulai pekan kemudian, kata PBB. Baca mengenai situasi di perbatasan Ukraina-Polandia pada sini.

Putin mengadakan pembicaraan tatap muka selama tiga jam menggunakan Naftali Bennett, perdana menteri Israel. Bennett, yg tidak bergabung menggunakan paduan bunyi para pemimpin global yg mengecam keras agresi Rusia, lalu berbicara menggunakan Zelenskyy.

Aeroflot menangguhkan penerbangan internasional

Maskapai penerbangan unggulan Rusia Aeroflot menyampaikan pihaknya menangguhkan semua penerbangan internasionalnya mulai 8 Maret, kecuali ke negara tetangga Belarusia. Langkah ini menambah isolasi internasional Rusia, yang sudah dijauhi oleh maskapai asing & operator perjalanan.

Lebih poly pembicaraan direncanakan

Salah satu perunding Ukraina mengungkapkan putaran ketiga pembicaraan menggunakan Rusia buat mengakhiri pertempuran akan berlangsung pada hari Senin.

Peta Rusia-Ukraina: Siapa yg mengontrol apa pada Ukraina pada hari ke- 11

SUMBER: AL JAZEERA DAN KANTOR BERITA

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar