45 Berita Menarik Kota Pahlawan Surabaya

45 Fakta Kota Pahlawan Surabaya, Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta. Surabaya mempunyai luas wilayah kurang lebih 374.8 km2 (144.7 mil²), & mempunyai jumlah penduduk lebih berdasarkan 3,123,914 jiwa.

Kota Surabaya memilik liputan-liputan menarik yang mungkin perlu Anda ketahui. Apa saja kabar menariknya?Langsung saja, 45 Fakta Menarik Kota Pahlawan Surabaya

1. Suku bangsa di Surabaya ada Jawa (83,68%), Madura (7,lima%), Tionghoa (7,25%), Arab (dua,04%), dsb.

2. Surabaya pada zaman dahulu dikenal dengan nama Hujung Galuh (Jenggala)

3. Kota Surabaya dari dari bahasa Sanskerta. Suro (Hiu/Berani), Boyo (Buaya/Bahaya) jadi arti berdasarkan nama Surabaya itu Berani Bahaya.

4. Penyebar agama Islam pertama pada Surabaya merupakan Sunan Ampel (Raden Rahmat)

lima. Dahulu Surabaya jua memiliki keraton, bekas lokasi keraton Kadipaten Surabaya berada di lingkungan Kampung Kraton yang terletak di antara Jalan Pahlawan & Jalan Kramat Gantung.

6. Dahulu Kompleks Taman Budaya Jawa Timur dan Gedung Cak Durasim di Jalan Genteng Kali sebenarnya adalah bekas bangunan Pendopo Kabupaten Surabaya, yang sekarang ini difungsikan menjadi loka penyelenggaraan event-event budaya/seni.

7. Walikota Surabaya yg pertama merupakan Mr. Meyroos, yg dilantik tahun 1916 atau sepuluh tahun sejak Pemerintah Kota Surabaya alias Gemeente van Soerabaia dibentuk

8. Taman Bungkul pada Surabaya pernah menerima penghargaan berdasarkan PBB sebagai taman terbaik se-Asia 2013.

9. Walikota Tri Rismaharini adalah keliru satu berdasarkan tiga ketua daerah dari Indonesia pada tahun 2012 yg masuk dalam daftar nominasi penghargaan kepala wilayah terbaik global (World Mayor Prize) oleh City Mayors Foundation.

10. Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara (5438m).

11.Anda tahu jika pada Surabaya ada Museum Santet.

12. Kebun Binatang Surabaya merupakan kebun hewan dalam kota terbesar pada Asia Tenggara. Dibangun pada 31 Agustus 1916 dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani & Binatang Surabaya)

13. Telur burung onta pada kebun hewan Surabaya, ukuran keliling lingkaran 14,125cm merupakan telur unggas terbesar di Indonesia.

14. Pada Januari 2014 Kebun Binatang pada cap menjadi kebun hewan terburuk pada dunia, lantaran banyak hewan yg tidak terawat dan meninggal.

15. Lagu 'Rock My Little Baby of Mine' milik Tielman Brothers band berasal Surabaya, diakui sebagai lagu rock pertama di Belanda.

16. Tahukah Anda, ternyata Ir. Soekarno lahir di Surabaya, bukan pada Blitar sebagaimana di kitabsejarah selama ini.

17. Gereja Katolik pertama pada Surabaya merupakan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria yang dibangun pada tahun 1815.

18. Selama Perang Dunia II, tidak satupun jendral Inggris tewas. Tapi tahukah Anda bahwa selama perang di Surabaya, 2 orang jendral Inggris terbunuh.

19. Ada patung Suroboyo di Busan, Korea Selatan, menandai 20 tahun kerjasama sistercity antara Surabaya-Busan.

20. Sebelum dibangunnya Pelabuhan Tanjung Perak, pelabuhan terbesar pertama di Surabaya merupakan Pelabuhan Kali Mas.

21. Arsenal pernah dikalahkan klub sepak bola asal Indonesia, Niac Mitra, pada stadion Gelora 10 November, Surabaya, 16 Juni 1983, dengan skor dua-0.

22. Film animasi 'Battle of Surabaya', karya anak muda Indonesia pernah diulas pada stasiun TV ABC Australia.

23. Sinagog Yahudi pada Surabaya yang berdiri di Jalan Kayon No. 4-lima. Merupakan satu-satunya bangunan Yahudi pada Indonesia. Namun sekarang bangunan ini telah dirobohkan.

24. Berdasar asal prasasti Trowulan I berangka 1358 M, kota Surabaya telah terdapat jauh sebelum pendudukan Belanda, yg bernama Churabhaya.

25. Gedung bioskop pertama di Surabaya adalah Bioskop Maxim & Sky (Bioskop Indra), yg awalnya adalah Gedung Simpang Restaurant yg direnovasi pada tahun 1930-an sebagai kompleks bioskop.

26. Satu-satunya kota pada global yg dianggap sebagai Kota Pahlawan, hanya terdapat di Indonesia yakni Surabaya.

27. Majalah The Economist memasukkan kota Surabaya menjadi keliru satu kota menggunakan pemeliharaan lingkungan terbaik global. [GNFI]

28. Mobil Sapu Angin Speed menurut ITS pernah meraih predikat Best Rookie Award pada Student Formula Japan 2013 berasaing degan 77 peserta lainnya.

29. Surabaya pernah sebagai langganan peraih Piala Adipura Kencana sebagai Kota Metropolitan Terbersih pada Indonesia.

30. Bayu Angga Pridahastama (24), mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, merupakan orang Indonesia penghasil gitar hybrid 12 kawat pertama di global.

30. Charlie Chaplin pernah berkunjung ke Borobudur,Batavia,Bandung,Garut, Salatiga,Surabaya dan Bali pada rangkaian wisatanya ke Indonesia.

31. Jancok merupakan sebuah istilah yg menjadi karakteristik spesialkomunitas rakyat di Jawa Timur, terutama Surabaya & Malang.

32. Tim robot Poltek Elektronika Negeri Surabaya pernah masuk 8 besarglobal Kontes Robot Dunia 'RoboCup 2013' pada Belanda.

33. Selama Perang Dunia II, tidak satupun jendral Inggris mangkat . Tapi tahukah Anda bahwa selama perang pada Surabaya, 2 orang jendral Inggris terbunuh.

34. Kota "surabaya" pernah tertulis pada kapal dalam satu adegan pada film KINGKONG.

35. Surabaya sebagai loka berdirinya keliru satu menurut 3 planetarium yg terdapat pada Indonesia, yg terletak pada kompleks Museum TNI AL Loka Jala Crana yang berada pada daerah Perak. 

36. Orang Surabaya lebih seringkali memakai partikel "rek" sebagai karakteristik spesialmereka.

37. Masjid Nasional Al Akbar di Surabaya merupakan masjid terbesar ke dua di Indonesia sehabis Masjid Nasional Istiqlal, Jakarta.

38. SCTV dulu bernama Surabaya Citra Televisi.

39. KRI Dewa Ruci di Surabaya,jika membersihkan lantainya, para awaknya memakai serabut kelapa.

40. Surabaya merupakan kota menggunakan tempat kerja Konsulat Jenderal negara asing terbanyak pada Indonesia.

41. Wow! Luas kota Surabaya dua kali lebih besardaripada Negara Inggris.

42. Bonek merupakan grup suporter pertama yg mentradisikan paway supporters di Indonesia dalam tahun 1989 dari Surabaya ke Jakarta.

43. Surabaya merupakan kota terbesar ke 2 pada Indonesia sehabis Jakarta.

44. Pertempuran Surabaya, November 1945 adalah perang terdahsyat pertama semenjak berakhirnya Perang Dunia II.

45. Surabaya sempat bersaing menggunakan Hanoi dalam memperebutkan posisi tuan rumah Asian Games 2018 (jadwal diubah sebagai 2019).

Ítalah 45 Fakta Menarik Kota Pahlawan Surabaya

. Semoga berguna & tambah pengetahuan ya. Jangan lupa baca informasi-warta menarik lainnya.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar