21 Hal Unik Yang Cuma Diketahui Sang Engkau Orang Surabaya Asli

What's up pembaca setia IDNtimes! Kali ini, IDNtimes akan membawamu ke Surabaya. Kota yg multi etnis dan kaya akan budaya ini selalu meninggalkan kesan yang latif buat para pendatangnya. Namun hanya hal-hal ini saja yg diketahui oleh kamu yg orang Surabaya asli!

1. Selalu terdapat orang yg potret di depan patung Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Kapanpun waktunya, kalau kamu lewat pada depan KBS pasti selalu terdapat orang yang mengambil potret pada sini. Memang Patung Suro dan Boyo ini merupakan landmark Surabaya yang sangat terkenal.

2. Padahal sporadis ada yg masuk ke KBS-nya lho.

Meski poly orang yg ambil selfie pada depan patungnya, tetapi hanya sedikit orang yang masuk ke kebun binatang khas Surabaya ini. Buat yang orang Surabaya, pasti tahu alasannya. Hal itu lantaran syarat kebun hewan pada KBS sangat mengenaskan.

tiga. Ada banyak sekali macam festival akbar pada hari ulang tahun Surabaya ini.

Sebut saja, mulai berdasarkan parade bunga, festival rujak uleg, hingga adanya pasar malam tjap toendjoengan. Berbagai event ini adalah acara keseluruhan dari peringatan ulang tahun Surabaya.

4. Nonton kisah Surabaya itu ada di Teater Cak Durasim.

Di kalangan anak Surabaya, teater ini populer buat mempopulerkan cerita legenda Surabaya pada bentuk drama. Gedung Teater Cak Durasim tidak hanya menampilkan kesenian ludruk saja, tapi pula buat pementasan puisi, seni musik, seni tari & berbagai seni rupa lainnya.

5. House of Sampoerna (HoS), tempatnya aneka macam pameran khas tempo doeloe & lukisan.

Mau lihat loka pameran yg oke punya dan cantik buat difoto-foto? Satu-satunya tempat yang mampu engkaudatangi buat ini hanyalah museum Hos. Ada aneka macam koleksi lukisan yang rupawan-indah. Jangan lupa jua buat selfie pada tempat satu ini.

6. Makan es krim tempo doeloe cuma satu tempatnya, yaitu di Zangrandi.

Kalau kamu ke Surabaya, harus makan pada es krim Zangrandi. Rasa es krim yg masih dipertahankan keasliannya ini sanggup engkaurasakan pada jalan Yos Sudarso. Namun hati-hati, jangan datang hari Selasa ya. Toko es krim Zangrandi ini tutup pada hari Selasa.

7. Rujak cingur, sate ondomohen, semanggi & lontong balap, wajibcoba semuanya!

Sebenarnya sih, ada banyak makanan Surabaya yg harus kamu coba. Tetapi kuliner-makanan ini adalah kuliner khas yg wajibengkaucoba saat berkunjung ke Surabaya. Lantaran makanan ini, engkaubisa kangen & pulang ke Surabaya lho.

8. Jalan macet selalu ada, baik pagi maupun sore.

Nah ini deritanya bila tinggal pada Surabaya. Baik pagi juga sore, dimana-mana jalanan macet. Belum lagi bila sudah macet & sudah mau telat. Ajib deh, bisa mendadak jadi pebalap seluruh orang.

9. Herannya kalau lagi liburan sekolah, jalanan eksklusif sepi lho!

Meski dalam liburan itu, masih ada pekerja kantoran yang masuk. Tetapi pada trend liburan ini bisa mendadak jalanan di Surabaya sepi! Untuk menempuh jarak yang dulunya jauh, bisa ditempuh menggunakan ketika yang dekat.

10. Kalau lagi terdapat pertandingan bola, niscaya daerah-daerah dekat stadion itu sebagai wilayah yg paling dihindari.

Iya, jarang terdapat masyarakat Surabaya yg mau mendekat ke daerah stadion Gelora Bung Tomo atau Gelora 10 Nopember (kecuali jika engkaumenonton ya). Lantaran wilayah sana itu niscaya masuk wilayah macet. Belum lagi berbagai info bonek yg bikin hati was-was.

11. Kuliner malam apa yang populer pada Surabaya?

Kalau telah pada atas jam sepuluh malam, tapi perut masih keroncong, kamu masih mampu lho mencicipi masakan pada Surabaya. Ini nih berbagai kuliner malam yg ditawarkan sang IDNtimes, terdapat pecel ambulans di BG Junction, nasi cumi di Pasar Atum, sego sambel Wonokromo, seafood Kapasan, Apeng, bubur mang Dudung di Kedungdoro, serta burung dara jalan Pahlawan #jadilapar.

12. Nggak kalah sama New York, Surabaya juga punya monumen misalnya Patung Liberty.

Nama monumen ini merupakan Jalesveva Jayamahe, atau yg biasa dikenal juga dengan Monjaya. Monumen ini merupakan monumen kebanggan Perwira TNI Angkatan Laut. Tinggi monumen ini mencapai 30,6 meter lho!

13. Surabaya jua punya jembatan ala-ala San Fransisco!

Ya, jembatan ini sanggup kamu lihat di perbatasan Suramadu. Kalau datang ke daerah ini pada malam hari, akan terlihat cahaya lampu yang indah buat ditinjau dan difoto lho.

14. Kampung Arab dan Kya Kya (Kampung Pecinan) letaknya berseberangan tapi tenang.

Memang ke 2 tempat ini sangat tidak sama unsurnya. Tempat masakan di 2 tempat ini pula sangat tidak sama. Namun selama ini, ke 2 loka ini rukun-rukun saja lho. Hal itu lantaran Surabaya menjunjung tinggi unsur keragaman budaya.

15. Kalau malam minggu, depan hotel Majapahit dan Taman Apsari pasti penuh.

Anak Surabaya pasti memahami dimana kedua tempat ini. Mereka juga pasti memahami bahwa kedua tempat ini merupakan tempat favoritnya orang Surabaya kalangan fotografi dan kalangan gowes nongkrong. Setiap malam minggu, engkausanggup melihat jejeran lensa serta sepeda pada sini. Seru bukan?

16. Ada beberapa tempat spot untuk foto pula lho pada Surabaya.

Sebut saja jalan gula, makam Belanda Peneleh, hutan bambu Keputih, wisata mangrove, Kenjeran & berbagai tempat lainnya. Spot-spot ini adalah spot favorit buat foto pre-wedding, foto album & foto-foto lainnya.

17. Surabaya pula punya taman buat bermain yg beda dari kota lain.

Di Surabaya, terdapat taman bermain khusus buat engkauyg senang bermain skateboard. Nama taman ini merupakan Skate & BMX. Selain itu, jika kamu juga bisa bermain panjat tebing di taman sepanjang jalan Irian Barat.

18. Kota ini hijau karena punya 290 taman pasif dan 71 taman aktif lho.

Nggak heran bukan kalau Surabaya sering meraih penghargaan lingkungan hidup menurut Presiden. Surabaya memang dikenal rindang dan hijau dibandingkan kota lain. Salah satu nama taman yang pasti dikenal sang anak Surabaya adalah Taman Bungkul, Taman Flora, Taman Prestasi, Taman Apsari, Taman Pelangi & Taman Lansia.

19. Secara holistik, total hampir ada 33 loka pusat perbelanjaan di Surabaya!

Wow! Bayangkan, kota yang terkenal menggunakan sebutan Kota Pahlawan ini punya 33 mall yg beredar mulai menurut Surabaya sentra, timur, barat, utara sampai selatan. Hal ini belum terhitung berapa banyak restauran & cafe yang buka di Surabaya. Kalau malam minggu & mencari tempat kencan, tidak akan pernah kehabisan kamu pada Surabaya.

20. Belum akrab namanya bila nggak manggil sahabat menggunakan sebutan j****k.

Ini nih yang menjadi khasnya kota Surabaya. Meski sepintas bahasa ini terdengar kasar & kurang ajar. Tetapi pada Surabaya, sapaan ini menandakan seberapa akrab engkaumenggunakan temanmu. Bahkan, orang Surabaya asli menganggap bila ini sapaan sayang! Nah lho, galau kan?

21. Apalagi kalau belum nasi goreng j****k. Wah kurang seru kamu!

Nasi goreng besutan Surabaya Plaza Hotel ini memang populer sekali baik di kalangan orang Surabaya juga pada kalangan pendatang. Porsinya akbar & tingkat kepedasannya yang luar biasa, membuat nasi goreng yg mampu dimakan beserta hingga tujuh orang ini menjadi favorit orang Surabaya.

Nahh, jadi kenal menggunakan kota Surabaya kan?

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar